Pengaruh metode make a match berbantu media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal kosakata pada siswa kelas III MI Salafiyah Sidorejo Warungasem Batang tahun pelajaran 2022/2023

Nurissoraya, Sofia Febri (2023) Pengaruh metode make a match berbantu media flashcard dalam pembelajaran Bahasa Arab terhadap kemampuan menghafal kosakata pada siswa kelas III MI Salafiyah Sidorejo Warungasem Batang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096019_Sofia_Febri_Nurissoraya] Text (Skripsi_1903096019_Sofia_Febri_Nurissoraya)
Skripsi_1903096019_Sofia_Febri_Nurissoraya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran make a match berbantu media flashcard terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas III MI Salafiyah Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pnegambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas IIIA MI Salafiyah Sidorejo.
Berdasarkan uji rata-rata, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest siswa adalah 49,58 sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 77,5. Hasil uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh nilai thitung > ttabel (20,785 > 2,014). Bedasarkan uji koefisien korelasi pearson product moment diperoleh nilai rhitung > rtabel (0,917 > 0,404). dan koefisien determinasi dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai 84,204%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode make a match berbantu media flashcard terhadap kemampuan menghafal kosakata siswa kelas III MI Salafiyah sidorejo, Warungasem, Batang dengan kontribusi sebesar 84,204% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Make a match; Media pembelajaran; Flashcard; Menghafal; Kosakata; Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:42
Last Modified: 29 Jul 2024 09:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics