Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Hidayatut Tholibin tahun ajaran 2022/2023

Zanuba, Shafira (2023) Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V MI Hidayatut Tholibin tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096049_Shafira_Zanuba] Text (Skripsi_1903096049_Shafira_Zanuba)
Skripsi_1903096049_Shafira_Zanuba.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Hidayatut Tholibin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V dan data dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan kinerja siswa. Peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan data akhir diperoleh nilai rata-rata pretest 62,94 dan nilai rata-rata posttest 76,47. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5%, nilai tHitung= 7,71 dan ttabel= 2,13145 dengan dk sebesar 15 (17-2). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh positif terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MI Hidayatut Tholibin Bangsri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think Talk Write (TTW); Hasil belajar; Bahasa Indonesia; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:48
Last Modified: 29 Jul 2024 09:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22945

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics