Pengaruh model answer playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Futuhiyyah Palebon Semarang

Kusumawati, Heni Ika (2023) Pengaruh model answer playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Futuhiyyah Palebon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096050_Heni_Ika_Kusumawati] Text (Skripsi_1903096050_Heni_Ika_Kusumawati)
Skripsi_1903096050_Heni_Ika_Kusumawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran, guru cenderung menggunakan metode konvensional, dan terbatasnya fasilitas madrasah menjadi faktor kurang optimalnya kegiatan belajar mengajar. Hal ini juga menyebabkan siswa merasa bosan, pasif, tidak tertarik dan jenuh dalam proses pembelajaran sehingga berpengaruh dengan pemahaman materi pembelajaran dan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Answer Playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Futuhiyyah Palebon Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan jenis kuantitatif dengan menggunakan desain the one group pretest-postest design karena peneliti hanya menggunakan satu kelas dengan alasan dan tujuan tertentu. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti adalah (1) Penerapan model Answer Playing dalam proses pembelajaran memberikan ketertarikan pada siswa dalam belajar karena pembelajaran melalui model tersebut membuat mereka senang dapat belajar sambil bermain, berperan aktif, dan kerjasama dalam kelompok (2) Tujuan pembelajaran tercapai dalam hasil belajar siswa (3) Hasil perhitungan uji pengaruh dua variabel yang diperoleh Fhitung = 7,981 dengan nilai signifikasi yaitu 0,009 dimana nilai tersebut < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh model Answer Playing terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Futuhiyyah Palebon Semarang sebesar 24,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Answer Playing, Hasil belajar; IPA; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:49
Last Modified: 29 Jul 2024 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics