Efektivitas model pembelajaran examples non examples dengan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang

Demanda, Kelvin (2023) Efektivitas model pembelajaran examples non examples dengan media geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056015_Kelvin_Demanda] Text (Skripsi_1908056015_Kelvin_Demanda)
Skripsi_1908056015_Kelvin_Demanda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMP Negeri 16 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Examples Non Examples dengan media Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang di SMPN 16 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain posttest only control group. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIIH sebagai kelas eksperimen dan VIIIG sebagai kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata nilai post test siswa kelas eksperimen adalah 84,902 sedangkan hasil rata-rata nilai post test siswa kelas kontrol adalah 74,657. Dari perhitungan uji-t diperoleh nilai t_(hitung )=3,95 dan t_tabel=1,66 pada taraf signifikasi 5% karena t_hitung>t_tabel maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples Non Examples dengan media Geogebra efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Examples Non Examples; Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep; Bangun ruang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jul 2024 04:38
Last Modified: 27 Jul 2024 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22969

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics