Efektivitas model pembelajaran guided discovery berbantu software GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Pythagoras

Loka, Suci Upita (2023) Efektivitas model pembelajaran guided discovery berbantu software GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Pythagoras. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056022_Suci_Upita_Loka] Text (Skripsi_1908056022_Suci_Upita_Loka)
Skripsi_1908056022_Suci_Upita_Loka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Pythagoras. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Guided Discovery berbantu software GeoGebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis posttestt-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII-C, VIII- E, VIII-F, VIII-G, VIII-H SMP Negeri 16 Semarang SMP Negeri 16 Semarang dengan sampel kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik yaitu 85,206 dibandingkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol yaitu 78,176. Hasil pengujian hipotesis melalui uji t dengan nilai signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai t_hitung=2,680 dan t_tabel=1,668 yang berarti t_hitung>t_tabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Discovery berbantu software GeoGebra efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang pada materi teorema Pythagoras. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi para pengajar, khususnya matematika. Serta mampu memberikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Guided Discovery; GeoGebra; Pemahaman konsep matematis; Pythagoras
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 27 Jul 2024 05:26
Last Modified: 27 Jul 2024 05:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics