Pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah

Hasanah, Imroatul (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096058_Imroatul_Hasanah] Text (Skripsi_1903096058_Imroatul_Hasanah)
Skripsi_1903096058_Imroatul_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran joyfull learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimen Desaiign (eksperimen semu) dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Semester Genap tahun ajaran 2022/2023 tepatnya tanggal 11 April sampai 11 Mei 2023. Dengan tehnik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari Kelas VA ( 26 siswa) dijadikan kelas eksperimen dan kelas VB ( 27 siswa) dijadikan kelas kontrol. Hasil dari posttest rata-rata nilai kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen 87,46 dan kelas kontrol 75,44. Berdasarkan perbedaan dengan menggunakan uji z yang tidak berpasangan atau independen samples t-test berbantu Software SPSS25 diperoleh nilai t yaitu sebesar 4,307 dengan P-value 0,000. Nilai P-value lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak. Nilai t juga menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,307 > 2,008, maka H1 diterima. de Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran joyfull learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Joyfull learning; Pemahaman matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:18
Last Modified: 30 Jul 2024 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22976

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics