Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition berbantu Powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas II MI Darul Ulum Wates Semarang

Handayani, Puji (2023) Pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition berbantu Powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas II MI Darul Ulum Wates Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096063_Puji_Handayani] Text (Skripsi_1903096063_Puji_Handayani)
Skripsi_1903096063_Puji_Handayani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantu powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas II Umar sebagai kelas eksperimen dan kelas II Hamzah sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes.
Hasil penenlitian menunjukkan bahwa hasil posttest rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika kelas eksperimen 87,81 dan kelas kontrol 79,53. Berdasarkan perhi tungan uji analisis data yang dilakukan diperoleh Sig (2-tailed) kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,003 < 0,05 artinya Ho ditolak. Nilai t juga menunjukkann bahwa thitung > ttabel yaitu 3,125 > 2,04227, maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) berbantu powerpoint lebih baik daripada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Auditory intelectually repetition; Pembelajaran matematika; Berpikir kritis; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 30 Jul 2024 09:04
Last Modified: 30 Jul 2024 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22985

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics