Efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap peningkatan ketrampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Matholi’ul Huda Bantrung Jepara tahun pelajaran 2022/2023

Yuliana, Ana (2023) Efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap peningkatan ketrampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Matholi’ul Huda Bantrung Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096068_Ana_Yuliana] Text (Skripsi_1903096068_Ana_Yuliana)
Skripsi_1903096068_Ana_Yuliana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai model pembelajaran kreatif produktif dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di MI Matholi’ul Huda bantrung Jepara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 5 aspek dalam melakukan penilaian keterampilan berbicara yakni pada aspek pemahaman materi,ekspresi,pilihan kata,kelancaran dan intonasi. Keterampilan berbicara yang ada di kelas 1 masih kurang terutama pada aspek aspek kelancaran. Tujuan dari penelitian ini mengetahui penerapan dan efektivitas model pembelajaran kreatif produktif terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 MI Matholi’ul Huda Bantrung Jepara. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest dengan teknik pengumpulan datamelalui: dokumentasi, observas, dan tes yang mana pelaksanaannya di kelas 1 yang berjumlah 17 siswa. Adapun teknik analisis data penelitian ini yaitu uji prasyarat normalitas, Analisis data statistic deskriptif dan uji hipotesis (uji-t). Sedangkan berdasrkan data yang diperoleh nilai rata−rata pretest 56,94 dan nilai rata−rata posttest sebesar 83,53 dan hasil uji-t (paired sample t-test) dengan hasil p = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha di terima. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif efektif terhadap keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kreatif produktif; Keterampilan berbicara; Bahasa Indonesia; Siswa MI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:09
Last Modified: 31 Jul 2024 08:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics