Pengaruh model environmental learning berbasis proyek terhadap hasil belajar kognitif IPA di kelas V MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang

Milatina, Pebriana Amalia Ni'matul (2023) Pengaruh model environmental learning berbasis proyek terhadap hasil belajar kognitif IPA di kelas V MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096072_Pebriana_Amalia_Ni_matul_Milatina] Text (Skripsi_1903096072_Pebriana_Amalia_Ni_matul_Milatina)
Skripsi_1903096072_Pebriana_Amalia_Ni_matul_Milatina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model environmental learning berbasis proyek dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain true eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan bentuk desain post-test only group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Miftahus Sibyan Tugurejo Semarang yang berjumlah 57 siswa. Untuk mendapatkan data digunakan teknik observasi, dan pemberian soal tes berupa soal post-test sebanyak 20 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik uji-t. Dari hasil penelitian setelah diajarkan dengan menggunakan model environmental learning berbasis proyek diperoleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (0,000 ≤ 0,05), maka HO ditolak dan Ha diterima dengan nilai hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 74,29 sedangkan kelas kontrol 53,62. Hal ini sesuai dengan perhitungan koefisien korelasi sebesar 0,395 dengan kategori tingkat hubungan rendah, koefisien determinasi sebesar 15,6% yang artinya variabel model environmental learning berbasis proyek memberikan kontribusi sebesar 15,6% terhadap variabel hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Environmental learning; Project based learning; Hasil belajar kognitif; Pelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:11
Last Modified: 31 Jul 2024 08:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics