Pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi keislaman berbasis QR code untuk kemampuan koneksi matematis pada materi trigonometri kelas X SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang
Prihadi, Bambang (2023) Pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi keislaman berbasis QR code untuk kemampuan koneksi matematis pada materi trigonometri kelas X SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056032_Bambang_Prihadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah kurangnya semangat siswa karena menganggap matematika pelajaran yang tidak menyenangkan, selain itu karakter siswa yang agamis membuat siswa lebih tertarik pada pelajaran agama yang berbau keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran terintegrasi keislaman berbasis QR Code untuk kemampuan koneksi matematis pada materi Trigonometri kelas X SMA dan aplikasi android pendamping modul pembelajaran tersebut serta mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari bahan ajar yang dikembangkan. Menggunakan metode R & D (Research dan Development) dengan model Analysis, Design, Developmen, Implementation, Evaluation ( ADDIE ) diperoleh nilai 65,6% dari ahli media yang masuk dalam kategori valid, dan 90% dari ahli materi yang masuk dalam kategori sangat valid. Respons siswa menunjukkan bahwa modul masuk dalam kategori praktis dengan nilai 81%. Hasil uji t untuk nilai kepraktisan menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai post test (71,599) lebih baik dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata (52,045).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar; Koneksi Matematis; Modul pembelajaran; Trigonometri; Integrasi sains dan Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 04:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 04:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22997 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year