Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk memfasilitasi kemandirian belajar pada materi integral tak tentu fungsi aljabar kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngawi

Khotimah, Khusnul (2023) Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk memfasilitasi kemandirian belajar pada materi integral tak tentu fungsi aljabar kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056058_Khusnul_Khotimah] Text (Skripsi_1908056058_Khusnul_Khotimah)
Skripsi_1908056058_Khusnul_Khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran dengan basis android berbantuan MIT App Inventor pada materi integral tak tentu fungsi aljabar kelas XI SMA. Hasil media pembelajaran yang sudah dikembangkan selanjutnya dilakukan uji kevalidan dan kepraktisan. Harapan untuk siswa dari media pembelajaran berbasis android yang sudah dikembangkan ini siswa bisa terfasilitasi untuk kemampuan kemandirian belajar. Dalam penelitian ini Research and Development (R & D) digunakan sebagai metode dan menggunakan model 4D, yang terdiri dari tahap define, design, development, disseminate. Kevalidan dari media pembelajaran dilakukan oleh validator dari ahli media dan ahli materi, dan untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran dilakukan uji terbatas terhadap guru matematika dan 28 siswa SMA kelas XI MIPA berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan didapatkan nilai persentase dari ahli media 68,3% dan ahli materi 60,5% dengan kategori valid. Respon dari guru dan siswa mendapat nilai 84,7% dan 79,8 % dengan kategori sangat praktis dan praktis. Kesimpulan yang diperoleh adalah media pembelajaran berbasis android pada materi integral tak tentu fungsi aljabar yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Android; MIT App Inventor; Kemandirian Belajar; Integral Tak Tentu; Fungsi Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:51
Last Modified: 29 Jul 2024 05:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23007

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics