Pengembangan media edukatif berbasis game Android model drill and practice untuk pemahaman konsep materi aritmetika sosial kelas VII

Damayanti, Tasya Niken (2023) Pengembangan media edukatif berbasis game Android model drill and practice untuk pemahaman konsep materi aritmetika sosial kelas VII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056063_Tasya_Niken_Damayanti] Text (Skripsi_1908056063_Tasya_Niken_Damayanti)
Skripsi_1908056063_Tasya_Niken_Damayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pemahaman konsep matematis siswa dan keterbatasan media pembelajaran pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs N 3 Magelang. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran berbasis game android model drill and practice untuk pemahaman konsep siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTs N 3 Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE yaitu : 1) analysis (analisis), 2) design (perancangan), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), 5) evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII F MTs N 3 Magelang yang berjumlah 30 siswa.
Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis game android model drill and practice layak digunakan sebagai alat bantu belajar siswa. Kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek kevalidan oleh penilaian ahli media, ahli materi, praktisi, dan teman sejawat sehingga diperoleh hasil validitas sebesar 85,25% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran termasuk dalam kategori sangat praktis dengan perolehan persentase hasil angket respon guru sebesar 80,83% dan hasil angket respon siswa sebesar 88,08%. Keefektifan media ditinjau dari hasil uji t satu sampel (one sample t test) yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes pemahaman konsep siswa lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Game Android; Drill and practice; Pemahaman konsep; Aritmetika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:07
Last Modified: 29 Jul 2024 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23009

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics