Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MI Al Asy’ari Kuniran Pati pada materi energi alternatif
Hidayah, Bashirotun Nurul (2023) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MI Al Asy’ari Kuniran Pati pada materi energi alternatif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096084_Bashirotun_Nurul_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III MI Al Asy’ari Kuniran pada materi energi alternatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode true experimental design dengan bentuk only posttest control group design. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial dan analisis koefisiensi determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe PjBL lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji-t yaitu thitung = 4,995 dan ttabel = 1,671 maka Ha diterima karena thitung > ttabel. Analisis korelasi biserial diperoleh rhitung = 0,8095 yang menunjukkan tingkat korelasi sangat kuat. Pada analisis korelasi determinasi diketahui sebesar 65,53 % pembelajaran kooperatif tipe PjBL mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III. Kesimpulannya yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III pada materi energi alternatif yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe PjBL lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional atau ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Project Based Learning; Berpikir kreatif; Energi alternatif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Alifanisaa Hanugra Yuriesandra |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:56 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23020 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year