Pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis tematik siswa kelas V MI Beji Ungaran

Rahmafiani, Ikka Aprilia (2023) Pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis tematik siswa kelas V MI Beji Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096092_Ikka_Aprilia_Rahmafiani] Text (Skripsi_1903096092_Ikka_Aprilia_Rahmafiani)
Skripsi_1903096092_Ikka_Aprilia_Rahmafiani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Scaffolding merupakan strategi dimana pendidik memberikan untuk membantu anak-anak pada tahap awal perkembangan mereka lalu kurangi bantuan dan ciptakan peluang untuk anak-anak mendapatkan tanggung jawab ini lebih hebat ketika seorang anak bisa melakukan itu. Guru dapat menawarkan bantuan scaffolding berupa petunjuk, dorongan, dan lain sebagainya untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, para guru sering kurang memperhatikan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemungkinan guru juga kurang memahami bagaimana cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga guru tidak memberikan perhatian dan bantuan khusus kepada siswa. Tujuannya adalah mengetahui pengaruh strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis tematik siswa. Pendekatan penelitian yang dipilih adalah metode kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang akan digunakan adalah Quasy Experiment karena, Quasy Eksperiment dapat digunakan untuk penelitian yang menyelidiki hubungan antar variabel dan mengklarifikasi hubungan tersebut. Desain Quasy Eksperiment yang digunakan dalam penelitian ini adalah The nonequivalent pretest and posttest control. Sampel kelas yang digunakan oleh peneliti adalah kelas V sebagai kelas eksperimen dan kelas VI sebagai kelas kontrol di MI Ma’arif Beji Ungaran. Pengaruh strategi pembelajaran scaffolding ditentukan berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pemberian soal pretest-postest yang diuji menggunakan uji normalitas serta homogenitas, setelah itu melakukan uji paired t test, analisis koefisien korelasi serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 71,74%, artinya besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran scaffolding terhadap kemampuan berpikir kritis siswa lebih besar daripada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 48,23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Scaffolding; Berpikir kritis; Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:58
Last Modified: 01 Aug 2024 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics