Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola Batik Pekalongan tehadap pemahaman konsep materi transformasi geometri
Mahfidloh, Mar'atun (2023) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola Batik Pekalongan tehadap pemahaman konsep materi transformasi geometri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056081_Mar'atun_Mahfidloh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik di kelas XI MA Dr. Ibnu Mas’ud tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis etnomatematika pada pola batik Pekalongan efektif terhadap pemahaman konsep materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan design penelitian menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas XI dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena populasi kurang dari 100 sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola batik Pekalongan efektif terhadap pemahaman konsep materi transformasi geometri yang dibuktikan dengan t_hitung>t_tabel yaitu 3,2416>2,028.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep; Model pembelajaran; Kooperatif; Numbered Head Together (NHT); Etnomatematika; Pola batik Pekalongan; Geometri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 09:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 09:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23062 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year