Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola Batik Pekalongan tehadap pemahaman konsep materi transformasi geometri

Mahfidloh, Mar'atun (2023) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola Batik Pekalongan tehadap pemahaman konsep materi transformasi geometri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056081_Mar'atun_Mahfidloh] Text (Skripsi_1908056081_Mar'atun_Mahfidloh)
Skripsi_1908056081_Mar'atun_Mahfidloh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik di kelas XI MA Dr. Ibnu Mas’ud tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbasis etnomatematika pada pola batik Pekalongan efektif terhadap pemahaman konsep materi transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan design penelitian menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas XI dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh karena populasi kurang dari 100 sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis etnomatematika pada pola batik Pekalongan efektif terhadap pemahaman konsep materi transformasi geometri yang dibuktikan dengan t_hitung>t_tabel yaitu 3,2416>2,028.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Model pembelajaran; Kooperatif; Numbered Head Together (NHT); Etnomatematika; Pola batik Pekalongan; Geometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jul 2024 09:24
Last Modified: 30 Jul 2024 09:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics