Pengaruh model pembelajaran CUPS dan self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang kelas VII SMPN 31 Semarang

Asy'ari, Ahmad Bayu (2023) Pengaruh model pembelajaran CUPS dan self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang kelas VII SMPN 31 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056099_Ahmad_Bayu_Asy'ari] Text (Skripsi_1908056099_Ahmad_Bayu_Asy'ari)
Skripsi_1908056099_Ahmad_Bayu_Asy'ari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah pemahaman konsep matematis. Akan tetapi, pemahaman konsep matimatis siswa kelas VII SMPN 31 Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan pengguanaan model pembelajaran yang kurang tepat dan motivasi serta semangat belajar yang rendah. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran CUPs dan pengembangan self-confidence. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CUPs (Conceptual Understanding Procedures) dan self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang kelas VII SMPN 31 Semarang secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design dan desain penelitian berupa pretest-posttest control group design dengan rancangan eksperimen faktorial 3 ×2. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31 Semarang dengan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pemahaman konsep matematis siswa dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap pemahaman konsep matematis, hal ini ditunjukkan dengan F_hitung>F_tabel yaitu 33,649>4,02. (2) Ada pengaruh self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis, hal ini ditunjukkan dengan F_hitung>F_tabel yaitu 12,843>3,16. (3) Ada pengaruh pengaruh model pembelajaran CUPs dan self-confidence terhadap pemahaman konsep matematis, hal ini ditunjukkan dengan F_hitung>F_tabel yaitu 5,748>3,16.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; CUPS (Conceptual Understanding Procedures); Self-confidence; Pemahaman konsep matematis; Bangun ruang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jul 2024 10:19
Last Modified: 30 Jul 2024 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23071

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics