Efektivitas model pembelajaran SQ3R terhadap self efficacy dan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs Abadiyah Pati pada materi segi empat dan segitiga tahun ajaran 2022/2023

Nisak, Nihayatul Fitrianin (2023) Efektivitas model pembelajaran SQ3R terhadap self efficacy dan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs Abadiyah Pati pada materi segi empat dan segitiga tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056107_Nihayatul_Fitrianin_Nisak] Text (Skripsi_1908056107_Nihayatul_Fitrianin_Nisak)
Skripsi_1908056107_Nihayatul_Fitrianin_Nisak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Self efficacy dan literasi matematis sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika dikarenakan siswa perlu mempunyai keyakinan diri terkait kemampuannya serta siswa perlu mempunyai kemampuan menggunakan dan menginterpretasikan pengetahuan matematika dalam beragam konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model SQ3R Terhadap Self Efficacy Dan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII MTs. Abadiyah Pati Pada Materi Segi Empat Dan Segitiga Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control design dengan teknik cluster random sampling dipilih kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test dan N-Gain. Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan self efficacy siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan model pembelajaran SQ3R sebesar 81,4 dan rata-rata setelah perlakuan model pembelajaran SQ3R sebesar 86,6. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji paired sample t-test diperoleh thitung = 5,836 > t(0,05;29) = 1,699 maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata kemampuan self efficacy kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan model pembelajaran SQ3R. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan kemampuan self efficacy sebesar 0,11927 sehingga terdapat peningkatan dalam kategori rendah. (2) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh perlakuan model pembelajaran SQ3R sebesar 72,0 pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 58,6. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t-test diperoleh t(0,05;58) = 1,671 < thitung = 9,442). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran SQ3R yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dan dapat dikatakan efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa pembelajaran SQ3R pada materi segi empat dan segtiga efektif terhadap self efficacy dan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs Abadiyah Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; SQ3R; Self efficacy; Kemampuan literasi matematis; Segi empat; Segitiga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:42
Last Modified: 31 Jul 2024 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics