Analisis kesalahan pemahaman konsep matematis siswa menurut teori Nolting ditinjau dari gaya belajar pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 5 Comal tahun ajaran 2022/2023

Yusriyah, Khaerunnisa (2023) Analisis kesalahan pemahaman konsep matematis siswa menurut teori Nolting ditinjau dari gaya belajar pada materi lingkaran kelas VIII SMPN 5 Comal tahun ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056109_Khaerunnisa_Yusriyah] Text (Skripsi_1908056109_Khaerunnisa_Yusriyah)
Skripsi_1908056109_Khaerunnisa_Yusriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa serta faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan tersebut serta pengaruh gaya belajar dalam penyelesaian tes pemahaman konsep matematis pada materi lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 9 siswa, yaitu 3 siswa gaya belajar visual (LRM, ANR dan RDS), 3 siswa gaya belajar auditori (RDD, AMM dan ZNJ) dan 3 siswa gaya belajar kinestetik (AMJ, MSL dan KTM), terdiri dari 3 siswa kriteria tinggi, sedang dan rendah. Teknik penggumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menggabungkan dari berbagai jenis data yang sudah dikumpulkan. Teknik analisis isntrumen melalui 3 uji statistknya yaitu uji validitas, uji reriabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sedangkan untuk teknik analisis data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesalahan yang dilakukan oleh siswa gaya belajar visual kriteria tinggi melakukan kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep, kesalahan aplikasi dan kesalahan prosedur tes. Sedangkan siswa dengan gaya belajar visual kriteria sedang dan rendah melakukan kesalahan yang sama yaitu kesalahan membaca petunjuk soal, kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep, kesalahan aplikasi dan kesalahan prosedur tes. Siswa dengan gaya belajar auditori dengan kriteria tinggi dan rendah melakukan kesalahan membaca petunjuk soal, kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep, kesalahan aplikasi dan kesalahan prosedur tes. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori kriteria sedang melakukan kesalahan kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep, kesalahan aplikasi, kesalahan prosedur tes dan kesalahan belajar. Siswa dengan gaya belajar kinestetik kriteria tinggi melakukan kesalahan membaca petunjuk soal, kesalahan kecerobohan, kesalahan konsep dan kesalahan aplikasi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik kriteria sedang melakukan kesalahan kecerobohan dan konsep. Sedangkan siswa kinestetik kriteria rendah melakukan semua kesalahan pada mengerjakan tes pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Teori Nolting; Pemahaman Konsep Matematis; Lingkaran; Gaya Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:50
Last Modified: 31 Jul 2024 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23079

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics