Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI MA Roudlotul Muttaqin dalam menyelesaikan soal baris dan deret aritmetika dengan implementasi model pembelajaran problem solving dan media pembelajaran papan baretrika

Wulandari, Isna Fitri (2023) Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI MA Roudlotul Muttaqin dalam menyelesaikan soal baris dan deret aritmetika dengan implementasi model pembelajaran problem solving dan media pembelajaran papan baretrika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056111_Isna_Fitri_Wulandari] Text (Skripsi_1908056111_Isna_Fitri_Wulandari)
Skripsi_1908056111_Isna_Fitri_Wulandari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MA Roudlotul Muttaqin dalam menyelesaikan soal baris dan deret aritmetika dengan implementasi model pembelajaran Problem Solving dan media pembelajaran papan baretrika. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang belum mencapai nilai rata-rata KKM di MA Roudlotul Muttaqin. Penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Instrumen dari penelitian ini adalah RPP, lembar soal tes, dan lembar observasi. Penelitian ini dikakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,77, persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 44,4%, persentase hasil observasi keaktifan siswa sebesar 64,8%, dan persentase hasil observasi aktivitas guru sebesar 62,2%. Berdasarkan hasil analisis peneliti dan observer, hasil belajar pada siklus I belum mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu sesuai dengan nilai rata-rata KKM di MA Roudlotul Muttaqin sebesar 75% ketuntasan hasil belajar siswa dengan rata-rata 75. Pelaksanaan siklus II dilakukan perbaikan dalam kekurangan yang ditemukan pada siklus I. Berdasarkan hasil analisis akhir pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang meningkat sebesar 78,70, dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,4%, persentase hasil observasi keaktifan siswa juga meningkat sebesar 77,5%, dan persentase hasil observasi aktivitas guru yang juga meningkat sebesar 82,2%. Hasil analisis akhir siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Terbukti bahwa dengan implementasi model pembelajaran Problem Solving dan media pembelajaran papan baretrika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MA Roudlotul Muttaqin dalam menyelesaikan soal baris dan deret aritmetika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Problem Solving; Matematika; Baris aritmetika; Deret aritmetika; Model pembelajaran; Problem solving; Media pembelajaran; Papan baretrika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:04
Last Modified: 31 Jul 2024 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23080

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics