Analisis kemampuan penalaran adaptif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 2 Sulang tahun pelajaran 2022/2023
Maula, Wildah Athiyyatul (2023) Analisis kemampuan penalaran adaptif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 2 Sulang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1908056126_Wildah_Athiyyatul_Maula.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran adaptif dan pemahaman konsep matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran adaptif adalah kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran adaptif siswa ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika pada soal aritmatika sosial pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sulang yang dilaksanakan pada semester genap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E yang berjumlah 30 orang untuk dilihat kemampuan pemahaman konsep matematika dan selanjutnya dipilih 6 orang secara purposive sampling selanjutnya diberikan tes kemampuan penalaran adaptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematika yang tinggi mampu mencapai pada sebagian besar indikator. Sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep sedang hanya mampu mencapai pada tahap kurang mampu untuk 4 indikator. Untuk siswa dengan kemampuan pemahaman konsep rendah tidak ada satupun indikator yang dicapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang mampu mencapai sebagian besar indikator kemampuan penalaran adaptif berada pada level kemampuan pemahaman konsep tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman konsep Matematika; Penalaran Adaptif; Aritmatika Sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:55 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23091 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year