Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok suku banyak kelas XI IPA 2 MA NU Limpung tahun pelajaran 2010/2011
Lutfiana, Dian (2011) Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok suku banyak kelas XI IPA 2 MA NU Limpung tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511013_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (813kB) | Preview
73511013_bab1.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
73511013_bab2.pdf - Accepted Version
Download (123kB) | Preview
73511013_bab3.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
73511013_bab4.pdf - Accepted Version
Download (16MB) | Preview
73511013_bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
73511013_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Pokok Suku Banyak Kelas XI IPA 2 MA NU Limpung Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik kelas XI IPA 2 MA NU Limpung dalam mengerjakan soal-soal matematika khususnya pada materi pokok suku banyak, sehingga menyebabkan prestasi belajar mata pelajaran matematika khususnya pada materi suku banyak menjadi menurun dibandingkan pada materi yang lainnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Jenis kesalahan apa yang dilakukan peserta didik? (2) Apa penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan peserta didik? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kasus di MA NU Limpung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari kelas XI IPA 2 MANU Limpung sebanyak 27 peserta didik. Selanjutnya diambil 9 peserta didik dengan kriteria 3 peserta didik dari kelompok atas, 3 peserta didik dari kelompok sedang, dan 3 peserta didik dari kelompok bawah, sebagai subjek penelitian yang akan diteliti lebih lanjut dalam penelitian ini.
Tes yang digunakan dalam penelitian ini tes bentuk uraian sebanyak 10 soal dengan kategori valid. Jawaban peserta didik yang salah diidentifikasi dan diklasifkasikan ke dalam jenis dan bentuk kesalahan. Setelah itu dipilih 9 peserta didik yang memiliki nilai terendah dari masing-masing kelompoknya untuk diwawancarai guna mengetahui penyebab peserta didik melakukan kesalahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah study kasus. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil verifikasi diperoleh data bahwa jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis, dan kesalahan dalam penyimpulan. Kesalahan terbanyak yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal materi pokok suku banyak adalah kesalahan teknis.
Secara umum penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dikarenakan rendahnya keterampilan peserta didik dalam mengerjakan soal-soal materi pokok suku banyak terutama pada saat melakukan perhitungan, kurangnya pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik serta kurangnya konsentrasi pada saat mengerjakan soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 03:38 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 09:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2320 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year