Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5e (LC5E) dengan pemanfaatan alat peraga pada materi pokok bidang datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Nurul Islam Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Ulya, Innarotul (2011) Efektivitas model pembelajaran learning cycle 5e (LC5E) dengan pemanfaatan alat peraga pada materi pokok bidang datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Nurul Islam Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511020_Innarotul_Ulya]
Preview
Text (SKRIPSI_073511020_Innarotul_Ulya)
73511020_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bab1.pdf]
Preview
Text
73511020_bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bab2.pdf]
Preview
Text
73511020_bab2.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bab3.pdf]
Preview
Text
73511020_bab3.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bab4.pdf]
Preview
Text
73511020_bab4.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bab5.pdf]
Preview
Text
73511020_bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 73511020_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511020_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika SMP Nurul Islam Semarang kurang efektif khususnya pada pokok bahasan segitiga. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional atau ekspositori, guru mencatatkan materi, memberi tugas kemudian peserta didik mengerjakan. Sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) pada proses pembelajaran di SMP Nurul Islam Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) dengan pemanfaatan alat peraga pada materi pokok bidang datar efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Nurul Islam Semarang tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) dengan pemanfaatan alat peraga pada materi pokok bidang datar terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Nurul Islam Semarang tahun Pelajaran 2010/ 2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII semester 2 SMP Nurul Islam Semarang yang terbagi dalam tiga kelas dan masing-masing kelas terdiri dari 31 peserta didik. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Two-group Post-Test-Only Design”, yaitu menempatkan subyek penelitian ke dalam dua kelompok dengan kategori kelas eksperimen dan kelas kotrol. Dengan menggunakan cara cluster random sampling (acak) untuk memilih anggota kelompok (kelas). Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model (LC 5E) efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok bidang datar kelas VII. Hal ini terbukti dari nilai kesamaan rata-rata peserta didik sebelum diberi perlakuan, yaitu pada kelas eksperimen adalah –t = 2,00 < t = 0.82 < t = 2,00, nilai kesamaan rata-rata setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen adalah. –t = 2,0000 < t = 2,201 < t = 2,00.. Berarti nilai kesamaan rata-rata setelah diberi perlakuan labih besar dari nilai kesamaan rata-rata sebelum diberi perlakuan. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 73,45 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 64,90. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) dengan pemanfaatan alat peraga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan penggunaan metode konvesional.

Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitis akademika, para tenaga pengajar khususnya bidang matematika. Serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran matematika agar senantiasa berprestasi dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Learning Cycle 5E; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 28 Jun 2014 04:29
Last Modified: 19 Jun 2021 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics