Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011
Dewi, Dewi (2011) Efektifitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII pada materi pokok perbandingan di MTs Negeri 2 Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511012_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
73511012_bab1.pdf - Accepted Version
Download (77kB) | Preview
73511012_bab2.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
73511012_bab3.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
73511012_bab4.pdf - Accepted Version
Download (192kB) | Preview
73511012_bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
73511012_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (23kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga pada materi lingkaran pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011. (2) apakah penerapan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati tahun pelajaran 2010/2011 pada materi lingkaran dapat ditingkatkan atau tidak.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas VIII B MTs Miftahul Falah Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VIII B melalui prasiklus dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran matematika belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah, artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang belum optimal, artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B MTs Miftahul Falah Dukuh Pati yang jumlahnya 30 peserta didik. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga, dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif serta hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai persentase 23,2 % dan rata-rata tes akhir 48,8. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,83% dan rata-rata tes akhir 66. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 83,6. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi elaborasi PQ4R dengan menggunakan alat peraga. Dengan strategi elaborasi PQ4R dalam pembelajaran matematika materi lingkaran, peserta didik dapat menentukan sendiri unsur-unsur pada lingkaran, menemukan konsep dan rumus dan keliling lingkaran, serta sudah tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan nilai phi pada waktu mencari keliling dan luas lingkaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Matematika; Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 08:23 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 02:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2328 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year