Pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri Slawi Tegal tahun pelajaran 2010/2011
Hanif, Ahmad Rifqi (2011) Pengaruh kemampuan logika abstrak terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri Slawi Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511031_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (539kB) | Preview
73511031_bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
73511031_bab2.pdf - Accepted Version
Download (86kB) | Preview
73511031_bab3.pdf - Accepted Version
Download (81kB) | Preview
73511031_bab4.pdf - Accepted Version
Download (124kB) | Preview
73511031_bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
73511031_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas kemampuan logika abstrak peserta didik dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan logika abstrak (X); 2) prestasi belajar matematika peserta didik (Y); 3) apakah ada pengaruh kemampuan logika abstrak (X) terhadap prestasi belajar matematika peserta didik (Y) kelas VIII di MTs Negeri Slawi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik analisis regresi. Sedangkan analisis regresi linier sederhana. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik strata random sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi di mana setiap anggota mempunyai peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini diambil 15,5 % dari jumlah populasi yaitu 384 peserta didik, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk menjaring data X dan mengambil data nilai dari pihak sekolah untuk menjaring data Y. Instrumen tes sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda.
Kajian ini menunjukkan bahwa: kemampuan logika abstrak peserta didik di MTs Negeri Slawi menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 65,6 pada interval 60 – 70, ini berarti kemampuan logika abstrak peserta didik di MTs Negeri Slawi memiliki katagori “sedang”. Prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Slawi menunjukkan perolehan rata-rata sebesar 58,083 pada interval 55 – 61, ini berarti prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri Slawi memiliki katagori “sedang”. Setelah diketahui dari perhitugan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, di mana terdapat pengaruh yang positif antara kemampuan logika abstrak peserta didik (X) terhadap Prestasi belajar peserta didik (Y) kelas VIII di MTs Negeri Slawi.
Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,7731 > rtabel 5% = 0,258, ini berarti signifikan. Sementara dari perhitungan Freg = 86,15 > Ft 5% = 4,01 dan Freg = 86,15 > Ft 1% = 7,08. dengan Freg > Ft 5% dan 1% berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan logika abstrak terhadap prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII di MTs Negeri Slawi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para peserta didik dan para guru mata pelajaran matematika di MTs Negeri Slawi terutama dalam meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Logika Abstrak; Prestasi Belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Jun 2014 08:28 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 09:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year