Efektifitas penggunaan multimedia (CD interaktif) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas VIII semester II SMP KY Ageng Giri tahun pelajaran 2010/2011
Yaisy, Ahmad (2011) Efektifitas penggunaan multimedia (CD interaktif) dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas VIII semester II SMP KY Ageng Giri tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511044_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (767kB) | Preview
73511044_bab1.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
73511044_bab2.pdf - Accepted Version
Download (599kB) | Preview
73511044_bab3.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
73511044_bab4.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
73511044_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73511044_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan CD Interaktif efektif terhadap Peningkatan hasil belajar Matematika Materi Pokok Lingkaran pada peserta didik kelas VIII Semester II SMP Ky Ageng Giri Tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMP Ky Ageng giri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII karena kelas VIII A kelas unggulan maka peneliti mengambil populasi tiga kelas dengan jumlah peserta didik 108, dengan kelas VIII B yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C yang terdiri dari 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang terdiri dari 36 peserta didik.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai semester ganjil. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen pembelajarannya menggunakan CD Interaktif dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 2,75, sedangkan t table =1,9944 Karena thitung > t table maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran menggunakan CD interaktif lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 68,21 dan kelompok kontrol =64,157, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan CD Interaktif efektif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik pada materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas VIII semester II SMp Ky Ageng Giri Tahun Pelajaran 2010/2011
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 01 Jul 2014 04:31 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 07:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2337 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year