Studi komparasi prestasi belajar matematika antara peserta didik dari MI dan SD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi pokok operasi pada himpunan di kelas VII semester 2 MTs Negeri Margadana Tegal tahun pelajaran 2010/2011

Ahmad, Zulfikfar (2011) Studi komparasi prestasi belajar matematika antara peserta didik dari MI dan SD dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi pokok operasi pada himpunan di kelas VII semester 2 MTs Negeri Margadana Tegal tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511069_Zulfikfar_Ahmad]
Preview
Text (SKRIPSI_073511069_Zulfikfar_Ahmad)
73511069_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bab1.pdf]
Preview
Text
73511069_bab1.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bab2.pdf]
Preview
Text
73511069_bab2.pdf - Accepted Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bab3.pdf]
Preview
Text
73511069_bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bab4.pdf]
Preview
Text
73511069_bab4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bab5.pdf]
Preview
Text
73511069_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 73511069_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511069_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar matematika materi pokok operasi pada himpunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match antara peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Negeri Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, yang terdiri kelas VII A dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII B dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII C dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII D dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII E dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII F dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII G dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII H dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII I dengan jumlah peserta didik 42. Jadi jumlah total populasi peserta didik 368. Sampel penelitian ini adalah kelas VII I dengan rincian peserta didik dari MI yang berjumlah 17 dan peserta didik dari SD yang berjumlah 25. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 42 peserta didik diperoleh dengan cara random sampling.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi diperoleh dari nilai ulangan akhir semester matematika (data awal) pada semester ganjil digunakan untuk uji normalitas dan homogenitas sebelum diambil sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika pada materi pokok operasi pada himpunan peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: rata-rata hasil belajar matematika pada materi pokok operasi pada himpunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas VII MTs. Negeri Margadana Tegal dengan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik lulusan dari MI adalah sebesar 57,94, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik lulusan dari SD adalah sebesar 71,2. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar 4,059956. Setelah dikonsultasikan dengan dengan = 40 dan taraf signifikan ( ) 5% = 2.021, diketahui bahwa lebih besar dari , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika antara peserta didik lulusan dari MI dan rata-rata hasil belajar matematika antara peserta didik lulusan dari SD berbeda secara nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 14 Jul 2014 05:43
Last Modified: 07 Jun 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics