Pembelajaran remedial matematika materi pokok logika matematika di M.A. N.U. Al Ma’arif Boja tahun pelajaran 2010/2011 dalam mencapai ketuntasan belajar matematika
Sa’adah, Ziyadatus (2011) Pembelajaran remedial matematika materi pokok logika matematika di M.A. N.U. Al Ma’arif Boja tahun pelajaran 2010/2011 dalam mencapai ketuntasan belajar matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73511073_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (684kB) | Preview
73511073_bab1.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
73511073_bab2.pdf - Accepted Version
Download (125kB) | Preview
73511073_bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
73511073_bab4.pdf - Accepted Version
Download (144kB) | Preview
73511073_bab5.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
73511073_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran remedial matematika pada materi pokok Logika Matematika di M.A. N.U. 04 Al Ma’arif Boja dan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar matematika setelah dilaksanakan pembelajaran remedial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu dimulai pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Dalam menganalisis data, tidak murni menggunakan analisis kualitatif tetapi melibatkan perhitungan-perhitungan yang sederhana. Karena data dalam penelitian ini terdapat data yang berupa angka yaitu data nilai sebelum dan sesudah pembelajaran remedial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran remedial matematika khususnya pada materi pokok Logika Matematika mampu meningkatkan hasil belajar dan mampu mencapai ketuntasan belajar matematika. Tetapi dalam proses pembelajaran remedial masih terdapat kendala-kendala yang menjadikan pembelajaran remedial kurang optimal. Alangkah indah jika antara guru, peserta didik dan orang tua terdapat hubungan yang baik sehingga menemukan solusi yang terbaik demi kemajuan sang anak.
Peserta didik yang kesulitan dalam belajar matematika khususnya pada materi pokok Logika Matematika, cenderung mengulangi kesalahan yang sama dalam menyelesaikan soal. Rata-rata dari mereka kurang memahami konsep dari materi pokok Logika Matematika, dan jarangnya mereka latihan mengerjakan soal. Sehingga pelajaran sulit untuk membekas dan cepat lupa. Oleh karena itu guru menggunakan metode drill dan pembelajaran berpusat pada peserta didik sehingga pembelajaran yang bermakna dapat terwujud. Namun, dalam proses pembelajaran remedial, peserta didik masih kurang aktif dan cenderung mengandalkan penjelasan dari guru.
Dengan penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan masukan bagi dunia pendidikan bahwa pembelajaran remedial penting dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan merupakan evaluasi dan tindak lanjut dari pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran remedial seharusnya dilaksanakan dengan metode dan teknik yang tepat agar ketuntasan belajar dapat terwujud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Remedial; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 05:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 07:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2349 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year