Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMSP Negeri 2 Kalirejo Lampung Tengah

Badriah, Laelatul (2023) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMSP Negeri 2 Kalirejo Lampung Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016008_Laelatul Badriah_Lengkap] Text (Skripsi_1903016008_Laelatul Badriah_Lengkap)
Skripsi_1903016008_Laelatul Badriah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP Negeri 2 Kalirejo Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis danpengelolaan data diambil ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru sebagai pendidik, model dan selalu memberikan motivasi kepada siswa. Peran guru dalam membimbing kecerdasanspiritual siswa yaitu memberikan arahan, nasehat, motivasi, dan melalui pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan. Faktor pendukung guru dalam membimbing kecerdasanspiritual siswa yaitu pembiasaan budaya sekolah, sarana dan prasarana, adanya acara keagamaan, melibatkan anak dalam beribadah dan memberikan hukuman, sedangan yang
menjadi faktor penghambatnya yaitu kkurangnya dukingan dari keluarga dan lingkungan dan terbatasnya waktu dalam belajar dan keperibadian siswa yang masih labil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Kecedasan spiritual; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:31
Last Modified: 29 Aug 2024 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23724

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics