Analisis manajemen pariwisata Lawang Sewu dalam perspektif ekonomi Islam

Ashshidiqie K.G., Muhammad Hafidz (2023) Analisis manajemen pariwisata Lawang Sewu dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026122_Muhammad_Hafidz_Ashshidiqie_ K.G.] Text (Skripsi_1905026122_Muhammad_Hafidz_Ashshidiqie_ K.G.)
Muhammad Hafidz_1905026122_Full (1) - Harya sura Dipantri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Lawang Sewu merupakan tempat wisata yang mengenalkan diri sebagai tempat wisata cagar budaya, wisata edukasi, dan objek liburan di Kota Semarang. Pengelola Lawang Sewu dalam memasarkan objek wisatanya memiliki beragam cara pemasaran, yaitu dengan pemasaran melalui media cetak dan elektronik, dan mengandalkan media sosial. Kemudian pengelola Lawang Sewu juga mengadakan beragam event agar masyarakat tertarik dan berminat mengunjungi Lawang Sewu.
Penelitian yang dikerjakan penulis bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pada pariwisata Lawang Sewu telah sesuai dengan ajaran Islam atau belum. Metode penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil analisis pemikiran penulis saat melakukan wawancara dengan pengurus objek wisata. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil yang ditemukan oleh penulis adalah pengelolaan Lawang Sewu sudah menerapkan pemasaran yang sesuai dengan prinsip ekonomi Islam, dan diharapkan pengelolaan pada Lawang Sewu terus berinovasi dan meningkatkan pengembangan potensi di tengah berkembangnya dunia pariwisata yang dinamis, termasuk di dalamnya terkait potensi industri wisata halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pariwisata; lawang sewu; ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:49
Last Modified: 30 Aug 2024 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics