Pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang
Mega, Indah Bela (2024) Pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1703096047_Indah_Bela_Mega.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif peserta didik sistem pencernaan manusia kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan kuantitatif, menggunakan Quasi Experiment Design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi penelitian adalah kelas V di MI Al Muta’allimin. Sampel pada penelitian adalah kelas VB yang terdiri 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VC terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t-test, diperoleh nilai thitung (6.16) > nilai ttabel (2,02) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji pengaruh dua variabel, diperoleh rhitung (0,936) > rtabel (0,468) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh r sebesar 0.936, maka KD dari r2 = 0.876 x 100% diperoleh 88%. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif peserta didik sistem pencernaan manusia kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang dengan pengaruh sangat kuat sebesar 88%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran; Crossword Puzzle; Kemampuan Kognitif; Peserta didik; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 08:50 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 08:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24098 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year