Pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang

Mega, Indah Bela (2024) Pengaruh penerapan strategi crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif materi sistem pencernaan manusia peserta didik kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096047_Indah_Bela_Mega] Text (Skripsi_1703096047_Indah_Bela_Mega)
Skripsi_1703096047_Indah_Bela_Mega.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif peserta didik sistem pencernaan manusia kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, pendekatan kuantitatif, menggunakan Quasi Experiment Design dengan bentuk Posttest Only Control Design. Populasi penelitian adalah kelas V di MI Al Muta’allimin. Sampel pada penelitian adalah kelas VB yang terdiri 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VC terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol.
Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t-test, diperoleh nilai thitung (6.16) > nilai ttabel (2,02) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji pengaruh dua variabel, diperoleh rhitung (0,936) > rtabel (0,468) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh r sebesar 0.936, maka KD dari r2 = 0.876 x 100% diperoleh 88%. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap kemampuan kognitif peserta didik sistem pencernaan manusia kelas V MI Al Muta’allimin Meteseh Semarang dengan pengaruh sangat kuat sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Crossword Puzzle; Kemampuan Kognitif; Peserta didik; Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:50
Last Modified: 20 Sep 2024 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics