Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V di MI NU 08 Brangsong

Faidah, Lum'atul (2024) Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V di MI NU 08 Brangsong. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096049_Lum'atul_Faidah] Text (Skripsi_1703096049_Lum'atul_Faidah)
Skripsi_1703096049_Lum'atul_Faidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V di MI NU 08 Brangsong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan rata-rata dan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Hasil yang diperoleh melalui uji paired sample t-test di SPSS 25 yaitu diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji paired sample t-tes bahwa nilai sig. (2-tailed)<0,05 atau 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara skor pretest dan skor posttest. Kemudian berdasarkan hasil yang diperoleh melalui uji regresi linear sederhana di SPSS 25 yaitu diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000<0,05, artinya terdapat pengaruh antara nilai pretest (X) terhadap nilai posttest (Y). Untuk mengetahui besarnya persentase pengaruh variabel X terhadap variabel Y, maka dicari koefisien determinasi (R Square) yaitu sebesar 0,659 atau 65,9% yang artinya model pembelajaran Project based learning memberikan pengaruh sebesar 65,9% terhadap keterampilan proses sains peserta didik dan sisanya sebesar 34,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas V di MI NU 08 Brangsong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Project Based Learning; Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:57
Last Modified: 20 Sep 2024 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics