Pengembangan media pembelajaran denganpermainan scrabble pada pelajaran bahasajawa terhadap keterampilan membaca aksara Jawa di kelas V MI Futuhiyyah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak semester ganjil tahun ajaran 2023/2024

Mustaqimah, Syifa'ul (2024) Pengembangan media pembelajaran denganpermainan scrabble pada pelajaran bahasajawa terhadap keterampilan membaca aksara Jawa di kelas V MI Futuhiyyah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096042_Syifa'ul_Mustaqimah] Text (Skripsi_1903096042_Syifa'ul_Mustaqimah)
Skripsi_1903096042_Syifa'ul_Mustaqimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifitas media pembelajaran yang diproduksi atau dikembangkan yaitu permainan scrabble aksara Jawa terhadap keterampilan membaca. Penelitian ini merupakan Reseach and Development dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling subjek yang digunakan peserta didik kelas V MI Futuhiyyah Mranggen dengan jumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, angket, tes kemampuan keterampilan membaca, dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: 1) hasil validasi dari ahli media terhadap permainan scrabble pada pelajaran bahasa Jawa pada materi aksara Jawa sebesar 79% dengan kategori “Baik”, validasi ahli materi sebesar 92% dengan kategori “Sangat Baik”, sehingga media dikatakan valid dan dapat diujicobakan; 2) meningkatkan minat belajar peserta didik dan peningkatan pada keterampilan membaca peserta didik kelas V setelah permainan scrabble aksara Jawa dengan perhitungan tes. Hasil pre-test memperoleh nilai 57,5 dan hasil post-tes sebesar rata-rata 77,9 . dan uji coba normalitas Gain diperoleh sebesar 0,46 dengan kategori “Sedang”, pada respon peserta didik terhadap media pembelajara secara keseluruhan rata rata sebesar 78% dengan kategori “Baik” hal ini menunjukan bahwa produk media pembelajaran permainan scrabble aksara Jawa “Baik” sehingga menarik perhatian peserta didik pada materi aksara Jawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Scrabble; Aksara Jawa; Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:21
Last Modified: 24 Sep 2024 08:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics