Pengaruh pembelajaran calistung berbasis kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi “mengenal bilangan 1 sampai 10” kelas 1 di MI Al-Islam Mangunsari 02

Kusriyani, Kusriyani (2023) Pengaruh pembelajaran calistung berbasis kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi “mengenal bilangan 1 sampai 10” kelas 1 di MI Al-Islam Mangunsari 02. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096044_Kusriyani] Text (Skripsi_1903096044_Kusriyani)
Skripsi_1903096044_Kusriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajan calistung berbasis kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa kelas 1 di MI Al-Islam Mangunsari 02. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Experimental (penelitian semu) dengan menggunakan desain pretest-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Islam Mangunsari 02 Semester Ganjil tahun ajaran 2023/2024 tepatnya pada tanggal 30 Agustus 2023 sampai dengan 14 September 2023. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas 1 MI Al-Islam Mangunsari 02 Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari Kelas 1A (17 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas 1B (15 orang) sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 79,35 dan kelas kontrol 76,53. Sedangkan nilai posttest kelas eksperimen 87,29 dan kelas kontrol 76,53. Berdasarkan hasil uji Independent sample t-test berbantu Sofware SPSS25 diperoleh nilai signifikansi 0,018<0,05 maka Ho ditolak. Nilai t juga menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,504 > 2,042 maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran calistung berbasis kontekstual terhadap kemampuan kognitif siswa. Dengan besar pengaruh penerapan pembelajaran calistung berbasis kontekstual terhadap kemampuan kognitif sebesar 54,90% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Calistung; Kontekstual; Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:36
Last Modified: 24 Sep 2024 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics