Analisis kesulitan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas 3 MI Darul Ulum 01 Desa Bandungharjo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2023/2024

Khamimah, Mirna Nur (2024) Analisis kesulitan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas 3 MI Darul Ulum 01 Desa Bandungharjo Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096045_Mirna_Nur_Khamimah] Text (Skripsi_1903096045_Mirna_Nur_Khamimah)
Skripsi_1903096045_Mirna_Nur_Khamimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan mengembangkan ketekunan, triangulasi, dan penggunaan bahan referensi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conslusion drawing and verification). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kesulitan menulis huruf tegak bersambung yang dialami siswa kelas 3 MI Darul Ulum 01 Desa Bandungharjo Kabupaten Jepara antara lain: siswa masih kesulitan menulis huruf kecil dan huruf besar (kapital) tegak bersambung, siswa masih sering lupa memberi garis penghubung depan dan garis penghubung belakang pada setiap huruf, siswa masih belum bisa mengatur jarak spasi antar kata, dalam menulis tegak bersambung siswa masih sering kurang lengkap hurufnya, kurang rapi tulisannya karena ada yang tidak sesuai dengan ukuran huruf kecil tegak bersambung dan huruf besar (kapital) tegak bersambung, dan tulisan yang dihasilkan kurang sejajar. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa kurang mahir dalam menulis huruf tegak bersambung, guru kurang dalam membimbing setiap siswa dalam penulisan menulis tegak bersambung yang benar karena kurangnya waktu dalam pembelajaran menulis huruf tegak bersambung, siswa kurang minat dan motivasi belajar menulis huruf tegak bersambung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa; Menulis Huruf Tegak Bersambung; Mata Pelajaran; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:43
Last Modified: 24 Sep 2024 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics