Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar kognitif IPA pada materi sistem gerak manusia kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang
Fi'latun, Fi'latun (2023) Pengaruh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar kognitif IPA pada materi sistem gerak manusia kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096057_Fi'latun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Guru kurang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran, karena hal itulah siswa cenderung jenuh (bosan), kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran dan pemahaman dalam memahami materi IPA masih kurang karena hal itulah hasil belajar siswa dalam materi IPA kurang optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah adakah Pengaruh Penggunaan Media Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Sistem Gerak Manusia Kelas V MI Miftahus Sibyan
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan desain One Group Pre-test dan Post-test design. Dalam penelitian ini populasi sekaligus sampel adalah menggunakan seluruh siswa kelas V MI Miftahus sibyan Tugurejo Tugu Semarang yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukan bahwa ji perbedaan dua rata-rata, pada hasil uji perbedaan dua rata-rata antara nilai pre-test dan post-test berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata diperoleh 〖-t〗_tabel= -1,68 dan t_hitung= -2,56. Karena 〖-t〗_tabel< t_hitung< t_tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut terlihat pada hasil belajar siswa yaitu nilai post-test lebih besar dari pada nilai pre-test. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh nilai post-test yaitu 88,08 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh nilai pre-test yaitu 55,19. Selanjutnya analisis data yang terakhir digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan koefisien korelasi biserial dengan taraf signifikasi 5% diperoleh r_hitung 0,66 > r_tabel 0,38. Maka hasil tersebut menunjukan bahwa nilai r_hitung>r_tabel, maka Ho ditolak atau dapat diartikan terdapat pengaruh dalam penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar IPA materi sistem gerak manusia. Hal ini diperkuat dengan perhitungan korelasi determinasi yang menunjukan hasil sebesar 0,44 , yang artinya cukup kuat pengaruh yang diberikan oleh penggunaan media peta konsep terhadap hasil belajar Kognitif IPA materi sistem gerak manusia kelas V MI Miftahus sibyan Tugu Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Peta konsep; Hasil belajar kognitif; IPA; Sistem gerak manusia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 08:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 08:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24115 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year