Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write terhadap prestasi belajar siswa subtema manusia dan lingkungan kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan Temanggung
Rahmawati, Rida (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write terhadap prestasi belajar siswa subtema manusia dan lingkungan kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1903096071_Rida_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada subtema manusia dan lingkungan kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan Temanggung. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian tes dan dokumentas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-grup-pretest-posttest-design. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe Think Talk Write berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa materi subtema manusia dan lingkungan pada kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan Temanggung dibuktikan dengan nilai pretest dan posttest kelas V dengan t hitung -8.336 yang telah diujikan, yang secara keseluruhan t hitung < t tabel 1.694 dan nilai sig 0,00 yang artinya < 0,05 termasuk kategori cukup efektif.
Hasil peningkatan prestasi belajar dibuktikan pada kegiatan diskusi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Huda Pasuruhan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai diskusi kelompok yang diperoleh siswa dari hasil diskusi belajar yang memiliki tingkatan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Think Talk Write; Prestasi belajar; Manusia dan lingkungan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 08:34 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 08:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24117 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year