Efektivitas model pembelajaran talking stick tipe STAD terhadap keterampilan menulis pantun di MI Raudlatul Athfal Demak

Rosyada, Umi Amrina (2023) Efektivitas model pembelajaran talking stick tipe STAD terhadap keterampilan menulis pantun di MI Raudlatul Athfal Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096091_Umi_Amrina_Rosyada] Text (Skripsi_1903096091_Umi_Amrina_Rosyada)
Skripsi_1903096091_Umi_Amrina_Rosyada.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pantun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Penelitian jenis Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa pretest dan posttest. Dengan melibatkan seluruh siswa kelas V MI Raudlatul Athfal Demak yang berjumlah 39 siswa.. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 90, dimana nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 77.25 yang artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai pada hasil pretest dengan hasil postest dengan dasar setelah diaplikasikannya metode pembelajaran Talking Stick Tipe STAD terhadap keterampilan menulis pantun. Selain itu, dapat dilihat dari nilai N-Gain yaitu sebesar 0,81 yang artinya > 0,07 dan masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan nilai N-Gain persen tersebut adalah 81,7% yang artinya berada di posisi >76 dengan kategori Efektif.
Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Talking Stick Tipe STAD berpengaruh terhadap pemahaman materi pantun kelas V MI Radulatul Athfal Demak adalah Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pemebelajaran; Pembelajaran kooperatif; Talking Stick; STAD; Pemahaman materi; Ketrampilan menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:33
Last Modified: 30 Sep 2024 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics