Pengaruh minat belajar siswa pada materi cerita sejarah terhadap prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo kecamatan Gemuh kabupaten Kendal
Roichah, Siti (2011) Pengaruh minat belajar siswa pada materi cerita sejarah terhadap prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo kecamatan Gemuh kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111271-COVER.pdf - Accepted Version
Download (521kB) | Preview
093111271-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
093111271-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (83kB) | Preview
093111271-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
093111271-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
093111271-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
093111271-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas Pengaruh minat belajar siswa pada materi cerita sejarah terhadap prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. kajianya dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar pada materi cerita sejarah yang mempengaruhi prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah minat belajar siswa pada materi cerita sejarah di Madrasah Ibtidaiyah Johorejo? (2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo? (3) Adakah pengaruh minat belajar siswa pada materi cerita sejarah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan pada siswa Kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah. Madarasah Ibtidaiyah Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret dan jawaban pengaruh minat belajar siswa pada materi cerita sejarah terhadap prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VI (enam) Madrasah Ibtidaiyah Johorejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus product moment.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat minat belajar siswa diperoleh mean yaitu 29. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variable minat belajar siswa dalam kategori cukup yaitu pada interval 26 – 32. (2) Prestasi siswa pada prestasi mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diperoleh mean yaitu 85,73 dan dibulatkan menjadi 86. Dari mean tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tentang Prestasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam kategori cukup yaitu pada interval 82 – 142. (3) Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan pengaruh positif minat belajar siswa terhadap peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dengan rumus product moment yang menunjukkan nilai r observasi adalah 0,47049. Kemudian hasil tersebut dikonfirmasikan dengan harga r-teoritik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% untuk jumlah responden 33 dalam taraf sigifikansi 5% = 0,344 dan taraf signifikansi 1% = 0,442.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar; Prestasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 05:46 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 05:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2413 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year