Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas V MI Al Hikmah melalui model pembelajaran ARIAS materi kubus dan balok

Widhi, Titania Cahyaning (2023) Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas V MI Al Hikmah melalui model pembelajaran ARIAS materi kubus dan balok. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096118_Titania_Cahyaning_Widhi] Text (Skripsi_1903096118_Titania_Cahyaning_Widhi)
Skripsi_1903096118_Titania_Cahyaning_Widhi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Titania Cahyaning Widhi. 2023. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Kelas V MI Al Hikmah Melalui Model Pembelajaran ARIAS Materi Kubus dan Balok, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan, Universitas Islam Negeri Walisongo. Pembimbing : Kristi Liani Purwanti S.Si., M.Pd.
Penelitian ini berfokus pada analisis kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran ARIAS pada materi kubus dan balok. Kurangnya model pembelajaran yang bervariasi dan kesulitan dalam menjelaskan terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V MI Al Hikmah dan guru wali kelas V MI Al Hikmah. Teknik yang digunakan dengan menggunakan tes dan wawancara. Pengujian keabsahan dengan menggunakan uji kredibilitas dan validitas soal. Hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata siswa dalam penyebaran soal tes mencapai 65%, jadi kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model ARIAS sudah melebihi 50% dari jumlah siswa 28 anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; ARIAS; Kemampuan koneksi matematis; Kubus dan balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Oct 2024 09:41
Last Modified: 01 Oct 2024 09:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics