Implementasi pembelajaran bilangan pecahan dan sistem operasinya di sekolah dasar
Alawiyah, Titi (2024) Implementasi pembelajaran bilangan pecahan dan sistem operasinya di sekolah dasar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_2003096042_Titi_Alawiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran operasi bilangan pecahan di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data, lalu dianalisis dengan teknik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran bilangan pecahan, guru menggunakan benda konkret, metode latihan secara drill, penggunaan metode bernyanyi, ice breaking atau permainan, dan talking stick, PPT, dan video pembelajaran. Harapan guru, siswa mampu memahami konsep pecahan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tantangan yang dihadapi guru ketika melaksanakan pembelajaran operasi bilangan pecahan yaitu siswa belum menguasai perkalian dan pembagian dasar, siswa kesulitan memahami dan memecahkan soal cerita, kecerobohan siswa dalam menghitung, dan perbedaan tingkat kognitif siswa. Strategi guru mengatasi tantangan adalah dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas, menjelaskan materi secara mendalam, memberikan jam tambahan kepada siswa yang kesulitan dalam pembelajaran bilangan pecahan (pemahaman secara face to face). Selain itu, guru juga selalu memotivasi siswa baik di awal, pertengahan, atau akhir pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Operasi bilangan pecahan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 01:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 01:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24135 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year