Penerapan metode reading guide dalam upaya meningkatkan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok bahasan akhlak tercela kelas V MI Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati tahun ajaran 2010/2011.
Sudati, Sudati (2011) Penerapan metode reading guide dalam upaya meningkatkan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak pokok bahasan akhlak tercela kelas V MI Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111305-COVER.pdf - Accepted Version
Download (488kB) | Preview
093111305-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (62kB) | Preview
093111305-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
093111305-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
093111305-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (72kB) | Preview
093111305-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (15kB) | Preview
093111305-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Tujuan pendidikan nasional termasuk pendidikan Islam belum sepenuhnya tercapai. Kondisi ini berawal dari praktek pembelajaran yang hanya mentransfer pengetahuan kepada peserta didik semata dan mematikan potensi kreatif dan kritis peserta didik yang seharusnya ditumbuh kembangkan secara pedagogis. Peneliti ini mengangkat masalah mengapa proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan belum bisa efektif dan maksimal dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah masalah penggunaan metode dalam pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi disetiap sekolah. Terutama masalah yang ada di kelas V MI Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati yang dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak masih banyak siswa yang belum tuntas SKBM.
Dengan adanya masalah tersebut maka peneliti menggunakan metode yang efektif untuk mengangkat prestasi belajar siswa yaitu metode Guided Reading yang bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya peningkatan aktifitas dan minat belajar siswa kelas V MI Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati setelah mengimplementasikan metode pembelajaran Guided Reading. 2) untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode Guided Reading terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Falah Puncel Dukuhseti Pati setelah mengimplementasikan metode pembelajaran Guided Reading.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Reserch yakni kegiatan penelitian untuk mendapatkan kebenaran dan manfaat praktis dengan cara melakukan tindakan secara kolaborasi dan partisipatif dengan menggunakan metode yang efektif yang sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi di masing-masing sekolah.
Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas maka hasilnya sebagai berikut: 1)Pra siklus: hasil belajar siswa kurang memuaskan dan minat belajar siswa kurang 2)Siklus I: proses pembelajaran semakin meningkat, antusias belajar siswa mulai terarah, minat belajar siswa meningkat dan hasil belajar siswa sudah meningkat. 3)Siklus II: proses pembelajaran semakin meningkat, antusias belajar siswa mulai terarah, minat belajar siswa meningkat dan prestasi belajar siswa mencapai hasil yang diharapkan.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan program studi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aqidah Akhlak; Strategi Pembelajaran; Reading Guide; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 03 Jul 2014 08:22 |
Last Modified: | 03 Jul 2014 08:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2434 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year