Upaya peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar pada anak kelompok a di TK Islam Hidayatul Mubtadiin Semarang tahun 2022
Faadhila, Amira (2023) Upaya peningkatan kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar pada anak kelompok a di TK Islam Hidayatul Mubtadiin Semarang tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703106011_Amira Faadhila_Tugas Akhir - Amirafdh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui kegiatan berbicara menggunakan media gambar pada anak Kelompok A TK Islam Hidayatul Mubtadiin Semarang. Kegiatan berbicara menggunakan media gambar yang bervariasi dan menarik sehingga mampu memotivasi minat anak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK Islam Hidayatul Mubtadiin Semarang yang berjumlah 21 anak. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara melalui media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan, dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru Kelompok A untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan berbicara anak melalui media gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak melalui media gambar di TK Islam Hidayatul Mubtadiin Semarang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak pada Pratindakan sebesar 75,50%, meningkat menjadi 85,30% pada tindakan Siklus I, dan mencapai 95,05% pada tindakan Siklus II. Kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu: 1) Guru memperlihatkan beberapa gambar kepada anak dan membaginya dalam kelompok, kemudian menjelaskan apa yang harus dilakukan dengan gambar tersebut; 2) Anak diberi tugas untuk berbicara mengenai gambar yang dipegangnya kepada teman sekelompoknya. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian antar anak; 3) Anak diberikan kesempatan untuk berbicara di depan teman sekelasnya; dan 4) Guru selalu memberikan motivasi agar anak-anak menjadi semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbicara; media gambar; anak Kelompok A |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24380 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year