Layanan mutu pembelajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal

Fatmawati, Nurul (2023) Layanan mutu pembelajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903106009_NURUL_FATMAWATI] Text (SKRIPSI_1903106009_NURUL_FATMAWATI)
1903106009_Nurul Fatmawati_Full Skripsi - Nurul Fatmawati UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang layanan mutu pembelajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal yang meliputi perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam penyediaan sarana prasarana tidak terlepas dari pengelolaan sarana dan prasarana yang berkualitas dalam memberikan layanan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam pemberian layanan mutu pembelajaran di TK Muslimat NU Yasmina Kendal (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam pemberian layanan mutu pembelajaran di TK Muslimat NU Yasmina Kendal (3) Bagaimana evaluasi sarana dan prasarana dalam pemberian layanan mutu pembelajaran di TK Muslimat NU Yasmina Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis membuat deskripsi secara faktual, akurat dan sistematis mengenai peristiwa yang sedang diteliti. Penelitian ini difokuskan kepada layanan mutu pembelajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal disesuaikan dengan kebutuhan dalam meningkatkan layanan mutu pembelajaran terhadap sarana dan prasarana. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan di TK Muslimat NU Yasmina Kendal dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai dengan melakukan rapat komite. (2) Pelaksanaan sarana dan prasarana dalam pemberian layanan mutu pembelajaran di TK Muslimat NU Yasmina Kendal meliputi : pengadaan, inventarisasi, penggunaan, penyimpanan dan pemeliharaan. Pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan layanan mutu pembelajaran berasal dari dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan), sumbangan orangtua dan yayasan. Selanjutnya inventarisasi dilakukan dengan pencatatan nama barang dan pelabelan diberi kode, nama barang dan tahun. Penggunaan sarana dan prasarana digunakan sesuai dengan kebutuhan serta kegunaan dari masing-masing barang. Penyimpanan dan pemeliharaan dilakukan dengan menempatkan barang pada tempat yang telah disediakan. (3) Evaluasi sarana dan prasarana di TK Muslimat NU Yasmina Kendal dilakukan dengan penghapusan sarana dan prasarana yang rusak dari buku daftar inventarisasi dan dilakukan pertanggungjawaban dengan pelaporan kepada yayasan untuk ditindak lanjuti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan; Sarana Prasarana; Layanan Mutu Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 15 Oct 2024 06:43
Last Modified: 15 Oct 2024 06:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics