Dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak usia dini : studi kasus di Desa Kertasinduyasa Brebes

Latifah, Lutfatul (2023) Dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial emosional anak usia dini : studi kasus di Desa Kertasinduyasa Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903106019_LUTFATUL_LATIFAH] Text (SKRIPSI_1903106019_LUTFATUL_LATIFAH)
1903106019_LUTFATUL_LATIFAH_TUGAS AKHIR - Lutfah Latifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Zaman yang semakin modern, mengakibatkan teknologi berkembang diantaranya gadget. Salah satunya di Desa Kertasinduyasa, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Hal tersebut berimbas pada banyaknya masyarakat yang memberikan akses gadget kepada anak usia dini untuk menenangkan anak yang rewel. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan gadget dan dampak dari penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional, pada anak usia dini di Desa Kertasinduyasa Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Sample penelitian ini berjumalah 15 anak dengan usia 5-6 tahun di Desa Kertasinduyasa Kabupaten Brebes.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan gadget pada anak usia dini di Desa Kertasinduyasa digunakan untuk bermain game, menonton video melalui channel youtube, youtube short, tiktok dan snack video. Gadget diakses untuk bermain game, menonton video berupa film animasi, konten edukasi, menonton video tik tok dan snack video. Durasi anak bermain gadget dalam waktu sehari memiliki presentase yang berbeda, 60% anak menghabiskan waktu selama 30 menit, 26,7% selama 60 menit, dan 13,3 % selama 120 menit.
Penggunaan gadget pada anak memiliki dampak pada perkembangan sosial emosional seperti: pertama, dampak positif anak memiliki sifat responsive sebesar 86,66%., mampu mengontrol perasaan diri sebesar 93,33%, memiliki rasa tanggung jawab dengan disiplin sebesar 93,33%. Dampak positif pada anak dapat tercapai karena adanya dukungan orang tua dengan memberikan aturan main secara kuat serta adanya peran lingkungan sekitar yang didominasi anak-anak sebaya. Sehingga anak mengalihkan bermain gadget dengan bermain dengan teman sebaya. Kedua, dampak negatif anak menjadi tantrum jika sudah kecanduan gadget, kurang responsif, dan kurang mandiri. Hal ini di sebabkan karena kurangnya pengawasan dan penggunaan gadget yang terlampau lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggunaan gadget; perkembangan sosial emosional; anak usia dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:30
Last Modified: 16 Oct 2024 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics