Upaya meningkatkan kreativitas melalui meronce dengan bahan manik-manik pada anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Cendekia Islamic School Semarang
Reza, Mas Velly Lula Ihlima (2023) Upaya meningkatkan kreativitas melalui meronce dengan bahan manik-manik pada anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Cendekia Islamic School Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1903106062_Mas Velly Lula_Full Skripsi - Imas velly.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian yaitu gambaran anak melalui kegiatan meronce. Kreativitas anak harus di dilatih
sejak dini, karena akan menentukan kemampuan anak untuk menunjukkan bakat yang mereka miliki. Dengan kegiatan
meronce anak bisa melakukan kegiatan sambil bermain dan menentukan ide-ide kreativitas mereka masing-masing, serta dapat merangsang motorik anak.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui teknik meronce dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Cendekia Islamic School. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan pada akhir kegiatan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang mana setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket yang peneliti isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kreativitas anak usia 5-6 perencenaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan melaksanaan refleksi tahun pada prasiklus sebesar 29%. Setelah dilakukan Tindakan pada siklus I kreativitas anak mengalami peningkatan sebesar 42% yang mana pada pertemuan 1 33%, pertemuan 2 41%, dan peretemuan 3 54%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 76% yang mana sudah mencapai indicator 75%, yang mana pada pertemuan 1 65%, pertemuan 2 72%, dan pertemuan ke 3 90%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik meronce dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Bunda Cendekia Islamic School dengan peningkatan yang baik dan sudah mencapai indicator yang diinginkan yaitu 75% dan mendapat peningkatan sebesar 76%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; Teknik Meronce. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24595 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year