Penerapan metode the power of two (kekuatan dari dua orang) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011
Makhmudah, Makhmudah (2011) Penerapan metode the power of two (kekuatan dari dua orang) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111355-cover.pdf - Accepted Version
Download (943kB) | Preview
093111355-BAB I.pdf - Accepted Version
Download (23kB) | Preview
093111355-BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (143kB) | Preview
093111355-BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
093111355-BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (598kB) | Preview
093111355-BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
093111355-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas penerapan strategi the power of two (kekuatan dari dua orang) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih pokok materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan strategi the power of two pada mata pelajaran fiqih pokok materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011? (2) Adakah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih pokok materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011 yang di ajar dengan menggunakan strategi the power of two?.
Permasalahan tersebut di bahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan strategi the power of two pada mata pelajaran fiqih pokok materi makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Futuhiyyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011 dilakukan emapat tahapan. Tahap pertama yaitu perencanaan yang dilakukan dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (terlampir), menyusun LKS (terlampir), merancang pembentukan kelompok, menyusun kuis (terlampir), menggunakan media, menyiapkan lembar observasi (terlampir) dan pendokumentasian. Tahap kedua yaitu tindakan ini yang dimulai dari menjelaskan materi, tanya jawab, kerja pasangan untuk membuat pertanyaan dan jawaban, diskusi kelas dan klarifikasi hasil kerja siswa oleh guru. Tahap ke tiga yaitu observasi dimana kolaborator mengamati aktivitas guru dan siswa ketika melaksanakan pembelajaran. Tahap ke empat yaitu refleksi dimana guru menilai hasil kerja yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dan merancang solusi untuk pedoman pembelajaran siklus berikutnya. (2) Ada Peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih pokok materi makanan dan minuman yang halal dan haram di Kelas V MI Futuhiyyah 01 Penggaron Lor Genuk Semarang tahun ajaran 2010/2011 setelah menggunakan strategi the power of two dapat di lihat dari penignkatan hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan 21,7% naik menjadi 41,3% pada siklus I, naik lagi menjadi 69,6% pada siklus II dan pada siklus III sudah menjadi 93,5%. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I keaktifan belajar siswa pada kategori baik sekali dan baik ada 36,9% pada siklus I, naik menjadi 60,8% pada siklus II dan pada siklus III sudah menjadi 91,3%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Power of Two; Halal dan Haram; Metode Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq) 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 01:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 01:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2462 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year