Penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan kemampuan agama dan moral anak usia dini pada Kelompok B di TK Pertiwi Randusanga Wetan Brebes di tahun 2023/2024

Nisa, Nafidatun (2023) Penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan kemampuan agama dan moral anak usia dini pada Kelompok B di TK Pertiwi Randusanga Wetan Brebes di tahun 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003106023_NAFIDATUN_NISA] Text (SKRIPSI_2003106023_NAFIDATUN_NISA)
2003106023_Nafidatun Nisa_full skripsi - ACHMAD FACHRI FUADI UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu aspek yang harus dikembangkan oleh pendidik yaitu aspek Agama dan Moral. Pendidikan anak usia dini adalah proses yang sangat penting bagi manusia, oleh karena itu harus diberikan stimulasi-stimulasi agar perkembangannya dapat berjalan sesuai dengan tahap perkembangannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam apakah penggunaan media wayang kertas dapat meningkatkan kecerdasan agama dan moral anak pada kelompok B di TK Pertiwi Randusanga Wetan. Penelitian ini menggunakan jenis metode PTK yaitu penelitian tindakan kelas, di mana peneliti akan menjadi seseorang yang langsung terjun di lapangan. Peneliti akan melakukan eksperimen-eksperimen yang akan menemukan suatu jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 macam yakni, teknik pengamatan atau observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi, sedangkan teks analisis data peneliti menggunakan tiga siklus yang pertama pratindakan, kemudian siklus I dan yang terakhir siklus II.
Saat pertama kali melakukan kegiatan pra siklus rata-rata kecerdasan agama dan moral pada kelompok B TK Pertiwi Randusanga Wetan adalah 46,2% kecerdasan ini diamati melalui 3 indikator ketercapaian. dikategorikan MB (anak mulai berkembang), setelah melakukan pra siklus kemudian dilakukan penelitian siklus pertama yaitu dengan rata-rata 69,8% dikategorikan BSH (anak berkembang sesuai harapan), dan siklus II mendapatkan hasil rata-rata sebesar 84,7% dari hasil tersebut mengalami peningkatan dari siklus I menuju siklus II dan anak di kategorikan dalam kategori BSB (anak berkembang sangat baik).
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang kertas dapat meningkatkan kecerdasan
agama dan moral anak pada kelompok B di TK Pertiwi Randusanga Wetan, hal tersebut adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh seorang pendidik dikarenakan seorang peneliti seharusnya memiliki jiwa yang kreatif, sopan santun dan tentunya inovatif, menggunakan media wayang kertas tersebut sebagai penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kertas; Pengembangan Agama Moral Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:09
Last Modified: 21 Oct 2024 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics