Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Al-Qur’an - Hadits di MA Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2010/2011
Shokeh, Mohamad (2011) Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Al-Qur’an - Hadits di MA Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111371-cover.pdf - Accepted Version
Download (401kB) | Preview
093111371-BAB 1.pdf - Accepted Version
Download (28kB) | Preview
093111371-BAB 2.pdf - Accepted Version
Download (598kB) | Preview
093111371-BAB 3.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
093111371-BAB 4.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
093111371-BAB 5.pdf - Accepted Version
Download (16kB) | Preview
093111371-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi KTSP pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ma’ahid Kudus? (2) Apakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi KTSP pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ma’ahid Kudus?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan atau penelitian kualitatif lapangan yang dilaksanakan di MA Ma’ahid Krapyak Kudus. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Implementasi KTSP Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2010/2011 sudah menerapkan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditekankan dalam KTSP. (2) Faktor Pendukung Implementasi KTSP pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah Sarana prasarana sudah cukup memadai, adanya sosialisasi mengenai konsep-konsep dasar KTSP, Pembentukan kepanitiaan KTSP, Adanya tim pengembang dan penyusun KTSP, Adanya pelajaran lain yang berhubungan dengan pelajaran Al-Qur’an Hadits, serta dukungan yang kuat dari para alumni MA Ma’ahid Kudus. Sedangkan faktor penghamabat Implementasi KTSP pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah kemampuan guru dalam melakukan penilaian secara mandiri atau berkelanjutan yang masih kurang, terbatasnya (dana, waktu, serta tenaga) dalam penggunaan metode pembelajaran, kurangnya kesiapan siswa untuk belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 01:30 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 01:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2470 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year