Studi korelasi antara kedisiplinan belajar aqidah akhlaq dengan keaktifan beribadah shalat siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011

Asrofah, Asrofah (2011) Studi korelasi antara kedisiplinan belajar aqidah akhlaq dengan keaktifan beribadah shalat siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111380-cover.pdf]
Preview
Text
093111380-cover.pdf - Accepted Version

Download (558kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-BAB 1.pdf]
Preview
Text
093111380-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-BAB 2.pdf]
Preview
Text
093111380-BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-BAB 3.pdf]
Preview
Text
093111380-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-BAB 4.pdf]
Preview
Text
093111380-BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-BAB 5.pdf]
Preview
Text
093111380-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 093111380-Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111380-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Studi Korelasi Antara Kedisiplinan Belajar Aqidah Akhlaq dengan Keaktifan Beribadah Shalat Siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya disiplin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap orang. Disiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata kehidupan berdisiplin, yang akan mengantar seseorang siswa sukses dalam belajar dan kelak ketika bekerja. Demikian pula dalam bidang kehidupan yang lain, termasuk dalam beribadah, siswa yang berdisiplin dalam belajar biasanya juga aktif dalam beribadah, khususnya ibadah shalat. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq belajar siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimana keaktifan beribadah shalat siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (3) Adakah korelasi antara kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq dengan keaktifan beribadah shalat siswa di MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner atau angket untuk menjaring data tentang kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq (variabel X) dan dokumentasi untuk menjaring data tentang keaktifan beribadah shalat siswa (variabel Y), juga merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 27 responden dengan menggunakan teknik semua populasi.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Dari dua variabel yang ada, yaitu variabel X (kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq) dan variabel Y (keaktifan beribadah shalat) kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 41,52 berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat tinggi, sedangkan keaktifan beribadah shalat siswa rata-rata nilai mencapai 41,85 berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat tinggi.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq siswa dengan keaktifan beribadah shalat siswa MTs Miftahul Falah Talun Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan r observasi = 0,623 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai r tabel dengan N 27 baik pada taraf signifikasi 5 % (0,623 >0,381), maupun pada taraf signifikasi 1 % (0,623 > 0,487), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian, semakin baik kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq siswa, maka semakin baik pula keaktifan beribadah shalat siswa. Sebaliknya semakin rendah kedisiplinan belajar Aqidah Akhlaq siswa, maka akan semakin rendah pula keaktifan beribadah shalat siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan para guru dalam meningkatkan kedisiplinan belajar dan keaktifan beribadah shalat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar; Aqidah Akhlaq; Shalat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 07 Jul 2014 01:25
Last Modified: 07 Jul 2014 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics