Efektivitas metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas X materi vektor
Latifah, Lailiyatu (2023) Efektivitas metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas X materi vektor. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808066030_Lailiyatu Latifah_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (20MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar sains peserta didik, Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Islam Al-Azhar 14 Semarang. Teknik pengambilan data yang dilakukan diantaranya Tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji kelayakan soal, uji homogenitas, uji normalitas, uji Mann-Whitney U-Test, dan uji gain. Materi yang dipilih dalam penelitian ini ialah materi Vektor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase nilai gain kelas eksperimen (60,62) lebih besar dan cukup efektif dibandingkan dengan nilai gain kelas kontrol (15,86) yang terbilang tidak efektif, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi vektor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind mapping; Hasil belajar; Materi vektor |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 01:08 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 01:08 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24914 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year